Rabu, 13 November 2013

Tulisan 4: Dampak Panjang Demo Buruh Bagi Perusahaan dan Ekonomi Nasional

Iif Hudzifah / 28211169 / 3EB04


Dampak Panjang Demo Buruh Bagi Perusahaan dan Ekonomi

Nasional


Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suryamin ikut angkat bicara menanggapi maraknya aksi demo buruh yang terjadi beberapa hari terakhir. Menurut Suryamin, demo buruh bisa berdampak pada penurunan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) negara jika terjadi berlarut-larut. 
Suryamin menyebut, demo buruh akan sangat terasa pada output perusahaan. Produksi perusahaan berhenti berjam-jam dan berpengaruh pada indeks produksi. Dengan kata lain, perusahaan menjadi tidak produktif lagi.
"Demo buruh akan berpengaruh pada output yang berhenti berjam-jam. Nanti itu harus dipertimbangkan. Berpengaruh kepada indeks produksi perusahaan," kata Suryamin di Gedung BPS, Jakarta, Jumat (1/11).
Tidak hanya itu, nilai tambah produksi juga akan terus menurun. Dengan menurunnya nilai tambah dan output produksi, akhirnya membuat kemampuan perusahaan menggaji karyawan menjadi tergerus.
"Nilai tambah akan terus menurun, kemampuan cost produksi akan turun. Kalau terlalu lama pada PDB sektor masing masing. Itu kan nanti akhir tahun berdampak atau tidak," katanya.
Disinggung soal pengurangan produksi karena demo buruh, Suryamin enggan menjelaskannya. Dia hanya mengatakan, penurunan produksi masih bisa ditutupi dari sektor lain.
"Tapi kan ada sektor lain yang mendorong perekonomian kita," tutupnya.
Tanggal Kutip : 3 November 2013
Analisis :

Dari tulisan diatas saya berpendapat bahwa demo buruh dapat berdampak pada penurunan Pendapatan Domestik Bruto negara dan juga sangat terasa pada output perusahaan jika buruh demo berlarut-larut dimana perusahaan berhenti berjam-jam memproduksi dan perusahaan tidak dapat produktif lagi dalam produksi. Dampak lain yang dapat disebabkan jika buruh demo terus-terusan adalah nilai tambah produksi akan menurun yang membuat kemampuan perusahaan menggaji karyawan menjadi mengerus serta perusahaan dapat mengalami kerugian yang besar. Jika perusahaan mengalami kerugian maka sangat berpengaruh terhadap karyawan dimana perusahaan dapat mengurangi dan melakukan PHK terhadap karyawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar